Nasi Kotak, Meal Box atau Nasi Berkat ? Apapun Pilihannya, Kami Siap Menyajikannya

MENENGOK PERJALANAN NASI KOTAK - DARI BESEKAN SAMPAI MEALBOX

Nasi Kotak, atau umum disebut khalayak sebagai kotakan, nasi dus, atau nasi boks (box) adalah salah satu bentuk paket makanan matang lengkap dalam kemasan kotak (box packaging) yang siap dibawa-bawa, relatif mudah dihantarkan, praktis untuk berbagai keperluan dan tidaklah sulit untuk disesuaikan dengan waktu dan tempat untuk bersantap makan. Dengan adanya kemasan ini, tidaklah menjadi halangan bagi siapapun untuk dapat menikmati main course atau makan berat dimanapun, kapanpun dalam situasi apapun. Isi yang dibawa wadah atau kemasan ini adalah berbagai menu makanan matang yang lengkap dan siap santap. Umumnya isi per kemasan tersebut terdiri atas makanan pokok yaitu nasi, didampingi lauk pauk seperti olahan ikan, daging, ayam, dan telur, berbagai jenis sayur matang, kerupuk, dan sering dilengkapi makanan pencuci mulut, seperti buah segar atau agar /puding dan minuman. Paket kemasan tersebut menyertakan pula kelengkapan alat makan, dari sendok garpu sekali pakai, tusuk gigi, serta kertas tissue di dalamnya. Karena kepraktisannya inilah paket makanan yang terkemas ini sudah sangat memasyarakat dan berkembang dari masa ke masa.

Di jaman dahulu kemasan makanan praktis ini diawali dengan menggunakan bahan alami seperti daun pisang atau bambu, dan bentuknya pun mengalami perkembangan. Dari makanan yang dikemas dalam bungkusan daun, dan dikembangkan dengan penggunaan kertas khusus sebagai material pembungkusnya. Masyarakatpun kemudian lazim menyebutnya sebagai nasi bungkus. Kemasan nasi bungkus ini di Indonesia sudah dikenal sejak jaman kolonial, dan cukup populer di masa perang kemerdekaan atau perang gerilya. Saat itu, para pejuang biasa membawa bekal nasi bungkus berisi masakan matang yang dibawa dan siap disantap setiap saat, dimanapun, dan dalam keadaan apapun. Diluar situasi khusus tersebut (sebagai bagian dari perbekalan di lapangan, ataupun di saat menempuh perjalanan), kemasan bungkus tersebut juga sehari-hari telah dikenal untuk membawa pulang masakan matang yang dibeli dari warung ataupun penjual masakan komersial. Adapun contoh terbaik penggunaan kemasan bungkus adalah pada masakan daerah seperti Nasi Padang, Nasi Liwet, Nasi Gudeg, Nasi Bungkus Rames, Nasi Bungkus Ikan, Nasi Ayam/Telur, Nasi Uduk dan sebagainya.

Contoh paket makanan dalam kemasan besek, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kekinian.

Perkembangan masakan matang lengkap dalam kemasan, juga mulai membutuhkan sarana yang lebih memiliki ruang lebih untuk menampung dan memisahkan isi masing-masing masakan. Hal ini didorong dengan perjalanan adat istiadat dan kondisi sosial ekonomi masyarakat daerah, terutama di wilayah Jawa yang sering mengadakan pertemuan-pertemuan khusus, hajatan, ritual kemasyarakatan sampai kumpulan sosial. Acara yang digelar menghadirkan masakan kemasan yang tak lagi dimaksudkan dari fungsi kepraktisan semata, akan tetapi juga sebagai buah tangan, dan semacam bingkisan yang merepresentasikan acara khusus tersebut. Dari sanalah format kemasan tersebut berevolusi menjadi lebih mencitrakan visual dan lebih terangkat derajatnya, dalam artian cenderung menaikkan value positif dari masakan di dalam kemasan tersebut. Perkembangan ini tak terelakkan lagi berorientasi turut mengangkat citra dan lebih jauh lagi ke martabat acara itu - dan tentu saja kepada siapapun penyelenggaranya. Dari sanalah awal Nasi Besek, atau besekan, atau juga seringkali disebut Nasi Berkat, atau Bancakan, menjadi format dan bentuk makanan dalam kemasan yang tinggi popularitasnya. Di masanya, paket kemasan besek ini diyakini dapat membawa pesan kebahagiaan (dan kebanggan) saat mendengar, apalagi memperolehnya untuk disantap bersama sanak famili, keluarga dan dibagikan kepada orang terdekat. Nasi besek merupakan makanan terkemas dalam wadah yang sesuai namanya, dinamakan besek (/be·sek/ /bésék), yang menggambarkan bahan kemasannya. Besek dibuat dari susunan bambu alami yang dianyam, yang terdiri atas wadah dan tutup berbentuk kotak persegi empat, serta umumnya memiliki geometri alas dan tutup berbentuk bujur sangkar (sudah mendekati bentuk box). Bahan bambu sendiri mengedepan dan umum dijumpai, karena menjadi sumber pendapatan pengrajin, dan cukup teruji kekuatannya karena konstruksi anyaman yang sama juga digunakan untuk membuat dinding pada kebanyakan rumah rakyat saat itu. Di masa sekarangpun anyaman bambu yang dipakai sebagai dinding rumah atau biasa disebut gedek (/ge·dek/ /gedék/) ini masih digunakan, dan semakin unik karena sering diterapkan sebagai pendukung bangunan modern bergaya tradisional. Dengan kata lain, perkembangan kemasan masakan konvensional di masyarakat dapat memiliki kaitan dengan pertumbuhan budaya, kebiasaan dan telah menjadi bagian dari kearifan lokal.

Bento Pack, salah satu contoh katering kemas yang memakai bahan jenis plastik atau mika

Perkembangan diluar, khususnya yang datang dari negara manca, yang ditengahi oleh laju globalisasi dan maraknya interaksi dengan luar wilayah Indonesia secara langsung turut berpengaruh dalam menghadirkan aneka macam kemasan. Tidak saja kemasan versi mutakhir ini lebih bervariasi dari segi bahan dan penampilan, terlebih juga menawarkan fungsi kepraktisan ataupun kekuatan dalam membawa berbagai jenis makanan. Selain itu, menawarkan berbagai varian dengan volume yang lebih leluasa untuk disesuaikan dengan jumlah isi dan jenis makanannya. Konstruksinya pun beraneka ragam, dari mendekati bentuk persegi, oval, tabung dan lain-lain. Temuan-temuan baru teknologi pun semakin menngembangkan alterasi pada bahan atau material yang dipergunakan dalam membuat kemasan. Bahan dari hasil teknologi pabrikan seperti kemasan dari jenis plastik sintetis, kemasan styrofoam, kemasan berbahan daur ulang, dan bermacam kemasan dengan material lainnya semakin sering dijumpai di pasaran. Semuanya dapat dipilih dan ditentukan sesuai dengan kegunaan, kapasitas ataupun sifat makanan yang akan dikemasnya.

Kemasan modern untuk penyajian masakan matang lengkap yang dewasa ini paling banyak digunakan dalam industri jasa boga dan kuliner, salah satunya adalah dengan menggunakan kertas tebal dan kokoh, seperti kertas jenis karton, atau kertas kardus. Bahan kertas ini banyak dipilih karena selain berbiaya relatif tidak mahal, juga mudah dijumpai dalam berbagai kualitas dan ukuran ketebalan. Kemasan kertas ini menjadi tinggi permintaannya karena untuk sesuatu yang bersifat sekali pakai, diyakini tidak begitu memberikan dampak negatif kepada lingkungan (dimana secara teknis mudah dihancurkan atau didaur ulang). Di sisi lain, bahan kertas yang digunakan dalam kemasan ini juga lebih membuka peluang untuk dirancang secara kreatif, karena memungkinkan untuk menampilkan tulisan, gambar, warna maupun foto yang mudah diolah dengan teknologi cetak. Beberapa bahan yang cukup populer diantaranya adalah kertas marga, atau duplex, dan juga ivory paper.

Bentuk dasar packing nasi kotak mengedepankan efisiensi dan memudahkan penataan dalam ruangan

Lazimnya, bentuk dan format kemasan berbahan kertas ini kebanyakan memiliki struktur bangun berupa kotak (box) yang lebih memudahkan dalam penyusunan dan penataan isinya. Ukuran kotak kertas kemasan yang dijual di pasaran juga cukup berragam, memberikan banyak pilihan untuk menampung bermacam paket makanan di dalamnya. Pada prinsipnya, bentuk dasar kemasan ini terdiri dari dua bagian, kotak wadah tempat menampung makanan, yang dipasangkan dengan tutup kotak di bagian atas. Kedua bagian tersebut merupakan satu unit kemasan, meskipun pada prakteknya tidaklah harus keduanya terpisah, atau dapat menjadi satu bagian dengan dibuatkan jalur lipat. Selain memiliki alas dan tutup dengan bentuk bujur sangkar dengan lebar dan panjang sama, beberapa kemasan juga menggunakan penampang empat persegi panjang. Bagaimanapun, yang paling banyak dijumpai dan digunakan dalam industri katering dan kuliner adalah kardus kotak berstruktur dasar bujur sangkar. 

Ragam penampilan kemasan makanan tersebut juga semakin memberikan ruang pada keunikan dan pengalaman visual - yang tak hanya berlomba menyajikan rancangan yang menarik, tetapi juga secara profesional digarap, berinovasi kreatif, sampai merambah ke wilayah advertising dan branding. Packaging makanan dan kreasi rancangannya telah menjadi industri tersendiri, yang dengan jelas sering terlihat menjadi salah satu instrumen silent marketing, yang muaranya menebar awareness pada campaign merek dagang atau institusi tertentu - tak kalah seriusnya dengan packaging produk-produk customers goods, fashion, dan representasi lainnya. Istilah yang beredar di masyarakat pun memunculkan bermacam format packaging makanan siap konsumsi dalam berbagai penyebutan : Meal Box, Lunch Box, Bento Pack, Catering Pack, Rice Box adalah beberapa di antaranya. Meskipun demikian sebutan nasi bungkus, nasi kotak dan nasi berkat tetaplah yang paling tertanam kuat di masyarakat luas.

Begitu populer dan memasyarakatnya kemasan masakan matang lengkap yang menggunakan kotak kertas ini, membuat industri katering turut bertumbuh pesat. Bahkan ada anggapan umum yang berkembang bahwa produk nasi kotak sudah sangatlah identik dengan layanan katering, meskipun dalam kenyataannya layanan katering bukanlah satu-satunya yang dapat menerima pesanan paket nasi kotak. Rumah makan, warung, bahkan hotel juga dapat menyediakan nasi kotak dalam partai besar maupun kecil.  Dari tingginya permintaan dan kebutuhan di masyarakatlah yang membuat nasi kotak ini memiliki pasar tersendiri, dan menjadi industri yang layak digarap serius. Berbagai jenis usaha jasa boga berlomba memberikan penawaran di pasar nasi kotak, dengan berbagai paket, sasaran atau segmen yang hampir tak terbatas. Masyarakat pun semakin dimudahkan dalam memilih paket nasi kotak yang sesuai dan layanan yang recommended. Iklim tersebut mendorong pesatnya perkembangan jasa katering dari banyaknya usaha yang tumbuh, dan keragaman paket nasi kotak baik dari kuantitas, spesifikasi atau jenis menu yang ditawarkan dalam value added yang juga bervariasi. Hal terakhir inilah yang seolah membenarkan anggapan bahwa jasa katering seharusnya menerima pesanan paket nasi kotak, dan sebaliknya, untuk memesan paket nasi kotak sebaiknya menggunakan jasa katering.

PAKET NASI KOTAK ATAU MEAL BOX DI RAYA BOGA CATERING

Raya Boga Catering, sebagai perusahaan yang spesialis bergerak di industri jasa boga, khususnya mengolah dan menyajikan makanan matang siap hidang, menempatkan produk nasi box, nasi kotak atau meal box ini sama pentingnya dengan jenis penyajian lainnya. Selayaknya buffet, prasmanan, atau penyajian lainnya, Raya Boga Catering sangat serius memperhatikan kualitas. Setiap paket nasi kotak diproses dan dikerjakan agar senantiasa dikonsumsi dalam keadaan fresh, tetap membawa kesedapan cita rasa, aroma, kesan, kepuasan dan ekspekstasi terbaik - baik dari kemasan dan utamanya isi atau hidangan itu sendiri. Di sisi lain, jenis penyajian dalam kemasan ini membawa tantangan tersendiri, dimana sifatnya adalah portabel, taken away, dan kesegaran masakan yang dikemasnya pun akan dibatasi oleh waktu. Untuk itulah berbagai pertimbangan teknis banyak digunakan dalam mengolah serta mengemasnya, dengan tujuan mempertahankan kualitas, cita rasa dan memberikan kenikmatan maksimal saat tersaji di tangan.

Sesuai dengan menu yang akan dikemas, kemasannya sendiri terpilih dari segi bahan, konstruksi dan dimensinya. Spesifikasi bahan yang digunakan adalah dus kertas /karton /cart paper dengan ketebalan, ukuran, gramasi yang telah ditentukan. Dimensi unit kotak atau packing box karton diatur dengan pertimbangan kekuatan, daya muat, kepraktisan, dan keamanan produk masakan yang ditampung - sesuai dengan ragam menu yang tentunya berbeda-beda dari karakter, maupun besar /volume dan porsinya. Adapun pengaturan dan penataan item-item (makanan dan kelengkapannya) yang diisikan ke dalam kemasan pun memperhitungkan tingkat keamanan, efisiensi volume dan karakter masing-masing item tersebut. Dengan kata lain, landasan teknis digunakan dalam menentukan spesifikasi kemasan kotak makanan agar memberi fungsi keamanan, kepraktisan dan penataan yang terkait dengan karakter makanan yang dikemasnya. Selain menggunakan kemasan standar regular mealbox, Raya Boga Catering juga dapat menyediakan paket masakan lengkap dalam kemasan box sesuai dengan permintaan, misalnya nasi kotak dengan tema tertentu atau merepresentasikan suatu pesan atau kegiatan.

Karena kebutuhan dan permintaan yang tinggi dari masyarakat pengguna jasa boga, masakan dalam kemasan box ini memerlukan konsentrasi dan pengelolaan yang profesional. Seluruh proses berawal dari penentuan pilihan menu dan kesepakatan yang telah ditetapkan oleh pelanggan, dan penetapan tersebut menjadi pedoman dasar untuk berlanjut di proses pengolahan yang berjalan secara terkendali; dari sortasi bahan baku, pembersihan, peracikan, pengolahan, pengisian, penataan, pengemasan sampai ke distribusi. Semua dikerjakan oleh sumberdaya yang terampil dan kompeten, dengan dukungan peralatan, sistem kerja dan fasilitas yang mumpuni. Raya Boga Catering bekerja secara terpadu, efektif dan sepenuh hati, karena semuanya dilandasi kesadaran bahwa setiap tahapan memiliki tujuan agar produk dan kemasan tetap terjaga kualitasnya. Proses produksi dijalankan dengan konsisten dan melalui quality control untuk menyajikan pencapaian maksimal, sesuai atau bahkan melebihi harapan dari pemesan maupun pelanggan yang menggunakan jasa Raya Boga Catering.

Berragam pilihan menu dapat dipilih dan diminta, dan lebih dari itu, Raya Boga Catering sangat terbuka untuk konsultasi menu untuk bermacam keperluan. Apapun kebutuhan maupun penyelenggaraan yang mendasari rancangan menu nasi kotak, team juru masak dan food enthusiast dari Raya Boga Catering siap memberikan referensi terbaik. Untuk itulah Raya Boga Catering menyediakan agenda dialog awal dan pembahasan langsung bersama pemesan /klien. Presentasi empirik dengan Food Test atau sample food biasanya dijadwalkan untuk memahami keinginan pemesan, sampai mendapatkan kemantapan hati guna memastikan jenis dan rasa menu yang dipilih oleh konsumen. Hal tersebut dipandang penting, karena berangkat dari sinilah awal penentu yang mengatur perjalanan proses produksi sampai penyajian ke tangan konsumen.

Salah satu contoh paket nasi kotak, komposisi menu ditentukan oleh pemesan sesuai kebutuhan dan budget

Tidak hanya dari segi kualitas yang diletakkan sebagai keutamaan layanan, Raya Boga Catering memiliki kapasitas produksi mencapai lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) porsi perhari untuk mengolah menu per kemasannya. Semua itu tak lepas dari standar produksi yang sudah diterapkan, dimana Raya Boga Catering senantiasa menjaga setiap alur proses dikerjakan secara higienis, oleh personil yang dipastikan sehat jasmani dan rohani. Semuanya dikerjakan di fasilitas lingkungan kerja yang aman dan bersih, diupayakan selalu terbebas dari potensi unsur-unsur yang merugikan kesehatan, dan dengan mekanisme distribusi yang menjamin kecepatan dan keamanan delivery yang tepat waktu. Keutamaan inilah yang sampai saat ini menjadikan nasi box Raya Boga Catering mendapatkan kepercayaan, apresiasi, dan banyaknya permintaan dari masyarakat pengguna jasa boga, utamanya datang dari institusi formal, dunia usaha, kalangan industri, event organizer, maupun tokoh masyarakat /perorangan.

Pemeriksaan ulang oleh petugas, sebelum pesanan nasi kotak /meal box diantar ke alamat pemesan.

Untuk informasi maupun konsultasi menu nasi box, nasi kotak, meal box dan masakan dalam kemasan lainnya, dapat dengan menghubungi Raya Boga Catering yang beralamat di Kampung Cikuda, Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Call Center /Telepon : 087778880030, Telepon Kantor : 021-8678404 atau mengirim ke Email: marketing@rayaboga.com 

Raya Boga Catering melayani pemesanan nasi box /nasi kotak lengkap untuk wilayah Jabodetabek, menjangkau pemesanan di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Bekasi dan sekitarnya, seluruh wilayah DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan), Tangerang, Depok dan sekitarnya. Raya Boga Catering juga telah banyak dikenal karena sering mendapatkan rekomendasi dalam menyajikan menu nasi kotak yang variatif, lezat dalam rasa, serta dengan harga yang terjangkau untuk berbagai kebutuhan, dan dapat merangkum bermacam selera dari berbagai latar belakang dan kalangan masyarakat.

Raya Boga Catering siap dan telah berpengalaman dalam memenuhi permintaan akan kebutuhan nasi box/ meal box /nasi kotak, untuk berbagai keperluan baik untuk konsumsi event, konsumsi komunitas, grup bisnis, makan siang karyawan, bekal makan untuk wisata, piknik, paket makan tour travel, buah tangan untuk launching produk, hajatan, selamatan, peringatan dan kebutuhan nasi kotak lain sebagainya. Pesanan nasi kotak diantar sampai ke tempat dengan aman, cepat, tepat waktu, dan tanpa tambahan biaya (free delivery /bebas ongkos kirim).